Bagaimana Cara Kita Mengenal Diri Kita Sendiri

Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai mengenal diri sendiri, sebuah pesan bijak menyatakan "Barang siapa mengenal dirinya, maka ia mengenal Tuhan"

 




Baiklah Kita mulai dari self-consept..

 

Self-consept anda adalah self-image, kalau kita artikan yaitu citra diri. Pada pembahasan kali ini kita akan menunjukkan bagaimana anda melihat diri anda sendiri dan pendapat anda tentangnya. Disini anda melihat ke dalam diri anda dan menentukan bagaimana anda sebaiknya bertingkah laku dalam situasi tertentu.

 

Karena kekuatan self image inilah, prilaku di luar diri anda akan selalu konsisten dengan gambaran yang terdapat di dalam diri.

 

Disini kita akan menjelaskan bagaimana cara memvisualisasikan dan membayangkan diri anda bertingkah laku dalam kapasitas terbaik anda dalam menyikapi situasi yang akan anda hadapi. Cara sebenarnya, anda sedang mengirimkan sebentuk pesan tertentu pada pikiran anda.

 

Pikiran anda kemudian menerima pesan ini sebagai layaknya suatu perintah, dan kemudian akan mengkoordinasikannya dengan pikiran, kata-kata, dan tindakan-tindakan anda. Sehingga pikiran, kata-kata, dan tindakan-tindakan itu, akan sejalan dengan pola yang konsistem dengan gambaran yang telah anda ciptakan.

 

Semua perbaikan dalam hidup anda akan dimulai dari perbaikan dalam gambaran mental anda.

 

Citra diri internal mempengaruhi berbagai emosi, perilaku, sikap anda, dan bahkan juga bagaimana orang lain akan berinteraksi dengan anda.

 

Pengembangan self-image yang positif, menjadi bagian yang penting dalam mengubah cara berpikir dan kemudian mengubah hidup anda.

 

Ini semua adalah teori dasar agar anda memahami penjelan



saya selanjutnya.

 

Mengenal diri anda sendiri merupakan 50% kemenangan dalam pertempuran adalah merupakan wejangan kata-kata bijak yang terdapat di banyak bangsa.

 

Kemudian dalam kehidupan manusia ada juga pesan bijak yang menyatakan bahwa kehidupan merupakan "constant battle" atau pertempuran terus menerus hingga akhir hayat, ini juga diajarkan semua agama oleh pembawa pesan Tuhan.

 

Perlu kita ketahui atau ingat bahwa self-consept adalah self-estem atau diartikan harga diri. Bagian ini adalah "Komponen emosional" dalam kepribadian anda dan faktor terpenting dalam menentukan bagaimana anda berpikir, merasa dan bertingkah laku.

 

Tinkat self-esteem anda... menentukan banyak hal yang akan terjadi kepada anda didalam hidup ini. Sebagaimana saya akan sering menyatakan bahwa, "Kalimat yang paling tepat untuk mendefenisikan self-esteem adalah seberapa besar anda menyukai diri anda sendiri".

 

Semakin anda menyukai diri anda, semakin baik anda akan bertindak dalam bidang apa pun yang anda tekuni. Dan, berdasarkan hukum timbal balik, semakin baik performans anda, anda akan semakin menyukai diri anda.

 

Self-esteem adalah "inti reaktor" kepribadian anda. self-esteem adalah sumber energi yang menentukan tingkat percaya diri dan antusiaisme anda.

 

Semakin anda menyukai diri anda sendiri, anda akan cenderung menentukan sasaran hidup yang lebih besar dan anda cenderung lebih lama bertahan dalam memperjuangkan pencapaian sasaran tersebut. Orang-orang yang memiliki self-esteem yang tinggi boleh dibilang unstoppable-tak terbendung.

 

Tingkat self-esteem anda akan mentukan kualitas hubungan sosial anda dengan orang lain. Semakin anda menyukai dan menghargai diri anda sendiri, anda akan cenderung semakin menyukai dan menghormati orang lain sehingga mereka akan merasa lebih nyaman bergaul dengan anda.

 

Dalam kehidupan berbisnis dan karier, tingkat self-esteem pribadi anda akan menjadi sebuah faktor penentu yang penting apakah orang lain mau membeli barang-barang yang anda jual, mau mempekerjakan anda, mau melakukan perjanjian bisnis dengan Anda, atau bahkan mau memberi Anda pinjaman uang.

 

Semakin baik self-esteem anda, semakin baik pula anda dalam bertindak sebagai seorang pasangan hidup atau sebagai orang tua.

 

Orang tua yang memiliki self-esteem tinggi akan membesarkan anak-anak yang memiliki self-esteem tinggi juga. Anak-anak ini akan mengembangkan self-confidence atau rasa percaya diri tinggi dan akan berhubungan dengan teman-temannya yang juga memiliki self-esteem yang tinggi.

 

Rumah-rumah para anggota self-esteem yang tinggi biasanya penuh dengan cinta, tawa, dan kebahagian.

 

Salam sukses dari saya, tetap semangat dan selalu perbaiki diri.


Bagaimana Cara Kita Mengenal Diri Kita Sendiri